Penulis / NIM
PIKAL TALIBO / 231409048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
Abstrak
ABSTRAK
Pikal Talibo. 2014. Pembelajaran Sejarah (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 bolang Itang Barat). Skripsi. Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Surya Kobi, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat ditinjau dari aspek persiapan, metode, proses dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi di SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat
Sesuai dengan analisis dan pembahasannya hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sejarah hubungan interaksi yang terjalin antara guru dan siswa cukup baik. Metode yang digunakan guru sejarah yaitu metode ceramah, Tanya jawab, diskusi serta pemberian tugas. Dalam pembelajaran sejarah guru tidak menggunakan media atau alat peraga untuk menunjang proses pembelajaran, hal ini dikarenakan terbatasnya sarana dan prasarana yang tersedia disekolah tersebut. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru-guru SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat yaitu dengan memberikan kuis dan objektif pilihan ganda serta uraian essay. Masalah yang dihadapi didalam proses pembelajaran yakni minimnya buku sejarah yang dimiliki siswa sebagai pegangan referensi, serta tidak tersedia media atau alat peraga yang membantu proses pembelajaran tersebut.
Kata kunci: Pembelajaran sejarah
Download berkas