SKRIPSI

Penulis / NIM
VICKY FEBRI PONTOH / 231409049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
VICKY FEBRI PONTOH . 231 409 049. Skripsi “Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah (siswa kelas XI SMA Negeri 1 bolang itang barat)”. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh media pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah di SMA Negeri 1 Bolang itang Barat.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1Bolang Itang Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling 20% dari populasi 254 orang/siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bolang itang barat, yang ditarik secara random dengan membagikan angket kepada siswa.Dalam pengambilan datanya, peneliti memberikan materi dengan menggunakan media LCD. Dari hasil pemberian materi dengan menggunakan media LCD tersebut akan diketahui apakah berpengaruh ataukah sebaliknya. Sesuai dengan analisis dan pembahasannya, maka simpulan dalam penelitian ini adalah : hipotesis yang berbunyi “terdapat Pengaruh Media Pembelajaran LCD terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah”. Dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan melalui hasil perhitungan, dimana diperoleh harga thitung 5,609, sedangkan daftar distribusi t pada taraf nyata 0,05 diperoleh sebesar 1,684. Dengan demikian thitung lebih besar dari daftar atau thitung berada diluar penerimaan Ho. Dan dari hasil uji statisik diperoleh persamaan regresi antara media pembelajaran LCD dengan u t i a y r a j a l e b i s a v i t o m ???? ???? ???? 51,3559 ???? 0,6984 ????. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ips sejarah Di SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat. Dalam hal ini makin tinggi tingkat media pembelajaran LCD, makin tinggi pula Motivasi belajar yang dicapai oleh siswa. Kata Kunci : Pengaruh Media LCD terhadap Motivasi Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011