Penulis / NIM
VICKY FEBRI PONTOH / 231409049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
VICKY FEBRI PONTOH . 231 409 049. Skripsi “Pengaruh Media
Pembelajaran LCD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Sejarah (siswa kelas XI SMA Negeri 1 bolang itang barat)”. Jurusan Pendidikan
Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.
Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengukur
pengaruh media pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS Sejarah di SMA Negeri 1 Bolang itang Barat.Penelitian ini termasuk
jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen, Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1Bolang Itang Barat. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling 20% dari populasi
254 orang/siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada siswa
kelas XI di SMA Negeri 1 Bolang itang barat, yang ditarik secara random dengan
membagikan angket kepada siswa.Dalam pengambilan datanya, peneliti
memberikan materi dengan menggunakan media LCD. Dari hasil pemberian
materi dengan menggunakan media LCD tersebut akan diketahui apakah
berpengaruh ataukah sebaliknya.
Sesuai dengan analisis dan pembahasannya, maka simpulan dalam
penelitian ini adalah : hipotesis yang berbunyi “terdapat Pengaruh Media
Pembelajaran LCD terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Sejarah”. Dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan melalui
hasil perhitungan, dimana diperoleh harga thitung 5,609, sedangkan daftar
distribusi t pada taraf nyata 0,05 diperoleh sebesar 1,684. Dengan demikian thitung
lebih besar dari daftar atau thitung berada diluar penerimaan Ho. Dan dari hasil uji
statisik diperoleh persamaan regresi antara media pembelajaran LCD dengan
u t i a y r a j a l e b i s a v i t o m ???? ????
???? 51,3559 ???? 0,6984 ????.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media
pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ips
sejarah Di SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat. Dalam hal ini makin tinggi tingkat
media pembelajaran LCD, makin tinggi pula Motivasi belajar yang dicapai oleh
siswa.
Kata Kunci : Pengaruh Media LCD terhadap Motivasi Siswa
Download berkas