Penulis / NIM
MOH. SADAM J. INTAM / 231409061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Sadam J Intam. 2015. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Bunobogu, Kabupaten Buol. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Hj. Resmiyati Yunus, S.Pd dan Pembimbing II Hj Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Telah dilakukan penelitian Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Bunobogu, Kabupaten Buol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode ini menggambarkan pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa. Variabel penelitian adalah variabel bebas yaitu kreativitas guru dan variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bunobogu yang berjumlah 110 orang siswa. Sampel penelitian hanya 30 orang siswa. Adapun teknik yang dilakukan yaitu teknik pengumpulan data berupa observasi awal, kuesioner dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknik analisis data dan pembahasan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kreativitas guru mempengaruhi motivasi belajar siswa namun tidaklah signifikan dan kreativitas guru memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa namun hanya kecil yaitu 4,84 %. Sedangkan 95,16 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi fokus yang peneliti teliti.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Siswa, Observasi, Kuesioner, Dokumentasi, Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Analisis Data.
Download berkas