Penulis / NIM
RESKI S. MANANGIN / 231409068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Nama : Reski Saputra Manangin, Nim : 231 409 068. Penelitian ini membahas tentang awal masuk dan berkembangnya pendidikan dikotamobagu yang dimulai sejak tahu 1900, sampai dengan setelah kemerdekaan. sejak kotamobagu mengenal pendidikan banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial antara lain gaya hidup dengan pemahaman animisme dan dinamisme mulai hilang kesadaran intelektual mulai merubah paradigma berfikir dan melahirkan para pembaharu ditanah kotamobagu.
Kotamobagu mengenal pendidikan formal lewat W. dunnebier seorang pendeta yang ditugaskan pemerintah Belanda untuk menajalankan zending yang sebelumnya sempat dibubarkan karena tidak adanya tenaga kerja guru yang cukup setelah dan P. Bastian merupakan satu-satunya guru pada waktu itu telah meninggal. Zending mulai berkembang, mulailah berdiri balai-balai pendidikan salah satunya balai pengajaran pendidikan islam BPPI yang dijalankan oleh bapak Adampe Dolot dan para sahabatnya sampai dengan berkembangnya pendidikan membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Baik dalam bidang ekonomi, pemerintahan, sosial, dan budaya.
Untuk menjawab permasalahan, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk mengungkap datanya penulis menggunakan instrumen wawancara. Selain itu juga melakukan observasi.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses masuknya pendidikan di kotamobagu dan sejauh mana pula pengaruh pendidikan terhadap masyarakat kotamobagu sehingga penelitian ini bisa menjadi satu referensi sejarah bolaang mongondow dalam bidang pendidikan.
Kata kunci : Perkembangan, Pendidikan
Download berkas