Penulis / NIM
DJOIS S. PAKAYA / 231409083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
Djois Pakaya. 231 409 083. 2014. Hubungan Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran IPS Terpadu Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhamadiyah 1 Tolangohula. Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan metode sosiodrama pada pembelajaran IPS terpadu dengan prestasi belajar siswa di SMP Muhamadiyah 1 Tolangohula.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 60 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode sosiodrama dengan prestai belajar siswa pada pembelajaran IPS terpadu pada kelas VIII di SMP Muhamadiyah 1 Tolangohula, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi = 68.42 + 0.44x. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel metode sosiodrama dapat diikuti rata-rata 0.44 variabel prestasi belajar pada konstanta 68.42. Sedangkan dengan perhitungan koefisien korelasi sebesar r = 0.51 dengan koefisien determinasi sebesar r = 0.2601 berarti sebesar 26.01% variasi yang terjadi padaprestasi belajar dapat dijelaskan oleh metode sosiodrama, sedangkan sisanya sebesar 0.7399 atau sebesar 73.99% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain oleh peneliti
Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Prestasi Belajar dan Siswa
Download berkas