Penulis / NIM
HAJIRUN / 231409097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Hajirun. 2013. Penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran sejarah di MA An-Nur Gio. Skripsi, program studi S1 Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M. Pd dan pembimbing II Yusni Pakaya, S. Pd., M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran sejarah di MA An-Nur Gio. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.
Untuk memperoleh data, maka peneliti mengambil data melalui data yang terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah. Adapun untuk mengalisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi dan analisis tema. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: dalam pelaksanaan Penerapan problem solving pada pembelajaran sejarah di MA An-Nur Gio pada dasarnya sudah diterapkan oleh guru sejarah yang ada di MA An-Nur Gio, namun hasilnya masih sangat kurang memuaskan. Karena dalam melaksanakan pembelajaran guru masih belum kreatif dalam penggunaan model pembelajaran yang bercirikan problem solving, hal ini menyebabkan masih adanya siswa yang merasa bosan dan tidak menyukai pelajaran sejarah. Kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran sejarah. Kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran sejarah. Guru yang mengajar sejarah sebagian tidak berlatar belakang pendidikan sejarah. Guru belum kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dalam setiap pembelajaran guru selalu monoton dalam hal penggunaan model pembelajaran dalam hal ini membuat pelajaran sejarah menjadi tidak menarik dan membosankan. Kurangnya pengelolaan kelas pada saat melaksanakan pembelajaran.
Kata Kuci: Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dan Pelajaran Sejarah
Download berkas