Penulis / NIM
DESI PAKAYA / 231410004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
RUDY HAROLD, S.Th, M.Si / 0030087507
Abstrak
ABSTRAK
Desy Pakaya.Nim. 231 410 004. "Hubungan Model Pembelajaran Simulasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah Batudaa, Kab. Gorontalo" Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial . Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd dan Rudy Harold, S.Th., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Model Pembelajaran Simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas X SMA Muhammadiyah Batudaa, Kab. Gorontalo?". Sementara yang menjadi tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan model pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Muhammadiyah Batudaa, Kab. Gorontalo".
Dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar 0,045 yang berarti bahwa sebesar 0,45% variabilitas mengenai hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran sejarah Kelas X SMA Muhammadiyah batudaa dapat diterangkan oleh Model Pembelajaran Simulasi , sedangkan sisanya sebesar 99,55% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Penelitian ini juga menyatakan bahwa hubungan model pembelajaran simulasi memiliki hubungan positif terhadap hasil belajar siswa. Terbentuknya hasil belajar siswa sangat ditentukan oleh model pembelajaran simulasi dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah.
Kata kunci : Model Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar.
Desy Pakaya.Nim. 231 410 004. Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse Pembim M.Pd. Pembimbing I dan Rudy Harold, S.Th., M.Si pembimbing II.
Download berkas