Penulis / NIM
RESTI MOKODOMPIT / 231410008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Resti Mokodompit, Nim. 231 410 008. 2014. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dan Motivasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Kotabunan. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse. M.Pd, dan pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd., M.Pd.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas mengajar guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotabunan, dan apakah kreativitas mengajar guru bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 kotabunan yang berjumlah 164 orang, dan yang menjadi sampel pada penelitian adalah sebanayak 30% dari jumlah populasi yang ada yaitu 49 orang siswa.
Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kreatifitas mengajar guru dan motivasi belajar siswa. yaitu semakin tinggi tingkat kreatifitas mengajar guru maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa". Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ini, maka kreatifitas mengajar guru selalu mengindikasikan adanya efek positif untuk motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Hal ini didukung oleh koefisien determinasi (r^2) sebesar 0,67. ini berarti bahwa 67% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dijelaskan oleh variasi kreatifitas mengajar guru (X) melalui persamaan regresi Y =-7,003+ 1,225X.
Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas