Penulis / NIM
NOPINURFADILA A. SALEH / 231410012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
NOPI NURFADILA A. SALEH. Nim 231410012. 2014. Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran sejarah ( Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Biluhu ). Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Sutrisno Mohamad,S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Biluhu. Sampel penelitian ini berjumlah 70 orang yang diambil secara claster. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi kuantitatif dan korelasional yang bertujuan untuk melihat gambaran secara umum mengenai hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Biluhu. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel (X) Gaya Belajar dan (Y) Hasil Belajar. pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket yang digunakan memiliki 35 butir pertanyaan dan tes ada 35 soal.
Berdasarkan hasil pengelolan data gaya belajar siswa menunjukan bahwa terdapat 33,41% yang senang menggunakan gaya belajar secara visual, 46,78 yang senang menggunakan gaya belajar secara auditory, dan 19,81% senang menggunakan gaya belajar secara kinestik. Hal diatas mengindikasikan bahwa gaya belajar yang dominan digunakan siswa adalah gaya belajar auditory.
Sementara nilai koefisien korelasi antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa (r_xy) sebesar 0,423. Nilai ini mengindikasikan bahwa hubungan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa adalah hubungan positif dalam taraf cukup berpengaruh. Hubungan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan pula oleh harga koefisien determinasi (r^2 ) sebesar 0,17 dengan kontribusi 17%. Artinya ada sebesar 17 % kontribusi gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa sedangkan 83% ditentukan oleh faktor lain.
Kata Kunci: Gaya Belajar dan Hasil Belajar
Download berkas