Penulis / NIM
WARDANIATI MANULAWAN / 231410024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Wardaniati Manulawan, Nim 231410024. Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Di SMP Negeri 3 Bakida). Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing 1. Hj.Dra, Resmiyati Yunus, M.Pd, pembimbing 2. Hj.Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus,tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kualitas belajar siswa melalui model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas VII B Di SMP Negeri 3 Bakida. Dan tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kualitaitif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Akan tetapi penulis tetap menggunakan sumber " sumber sekunder dan wawancara sebagai bahan untuk memperkaya dalam penelitian ini. Selain mewawancarai guru yang utama pengajar, penulis juga melakukan wawancara dengan siswa yang dipilih secara acak ketika melakukan penelitian.
Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Dalam NHT, guru memberikan kebebasan pada siswa untuk bereksplorasi dan memecahkan masalahnya dengan sendiri, tetapi tidak luput dari pantauan seoang guru. Namun setelah penelitian dilakukan dengan 3 siklus, peneliti mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Dalam per-siklus tersebut pembelajaran siswa perlahan " lahan mulai Nampak perubahannya, puncaknya yaitu saat dilakukan refleksi pada siklus 3. Pada siklus ini perubahan dalam pembelajaran lebih Nampak lagi, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model NHT dalam pembelajaran sangat efektif untuk merangsang proses pembelajaran siswa. Namun tidak menutup kemungkinan model pembelajaran lainnya tidak bisa digunakan. Semua model pembelajaran dapatdigunakan, tinggal cara dan efektivitas seorang guru yang dituntut.
Kata Kunci : Mode Pembelajaran, NHT (Numbered Heads Together).
Download berkas