Penulis / NIM
ERNA MARHABA / 231410031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Abstrak
ABSTRAK
Marhaba, Erna. 2014. Hedonisme Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Drs. H. Darwin Une, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk dapat mengungkapkan permasalah tentang hedonisme dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo. Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi yaitu siswa kelas X dan kelas XI di sekolah SMA Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 70 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk regresi korelasi, instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk variabel Hedonisme dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal objektif untuk variabel hasil belajar siswa. Data-data yang diperoleh selanjutnya diolah namun sebelum data diolah, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dan koefisien korelasi. Sesuai dengan hasil analisis dan pembahasannya, hipotesis yang berbunyi "terdapat pengaruh Hedonisme Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Gorontalo". Dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan dimana diperolah harga thitung = 6,32 . sedangkan dari daftar tersebut diperoleh tdaftar = 2,65 sehingga thitung lebih besar dari tdaftrar atau harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima.
Kata Kunci : Hedonisme, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah
Download berkas