Penulis / NIM
YUSRAN A. MOHAMAD / 231410038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Yusran A. Mohamad. 2015. Pemahaman Siswa Terhadap Perjuangan Jenderal Sudirman (Suatu Penelitian di SMP Negeri 1 Satap Tabongo Kabupaten Gorontalo). Skripsi. S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman siswa terhadap perjuangan Jenderal Sudirman di SMP Negeri 1 Satap Tabongo Kabupaten Gorontalo?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap perjuangan Jenderal Sudirman di SMP Negeri 1 Satap Tabongo Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap perjuangan Jenderal Sudirman di SMP Negeri 1 Satap Tabongo Kabupaten Gorontalo teraktualisasi melalui beberapa hal sebagai berikut yaitu: a) mampu menjelaskan sejarah perjuangan Jenderal Sudirman, b) mampu memahami nilai perjuangan Jenderal Sudirman, dan c) mampu menerapkan dan meneladani perjuangan Jenderal Sudirman. Terkait temuan penelitian dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: a) perlu peningkatan pemahaman siswa dalam memahami konsep perjuangan Jenderal Sudirman, b) perlu bimbingan secara intensif dari guru agar pemahaman siswa terhadap perjuangan jenderal sudirman semakin optimal, dan c) siswa perlu dibimbing untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan jenderal sudirman dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa. Perjuangan Jenderal Sudirman
Download berkas