Penulis / NIM
NOFRIADI MOPILI / 231410039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
Nofriadi Mopili. 2016. Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tolangohula. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: Pertama, persepsi siswa terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tolangohula. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tolangohula.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu reduksi data (reduction), sajian data dan penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil penelitian dari persepsi siswa tehadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tolangohula yang pertama adalah: a) persepsi siswa terhadap mata pelajaran sejarah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, b) persepsi siswa memiliki hubungan yang cukup tinggi dengan prestasi belajar, artinya semakin tinggi persepsi siswa tentang pelajaran sejarah maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Kemudian yang kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tolangohula dimana persepsi timbul karena adanya dua faktor yaitu internal maupun eksternal. Faktor internal tergantung pada proses pemahaman sesuatu termasuk didalamnya sistem nilai tujuan dan kepercayaan dan tanggapannya terhadap hasil yang dicapai, sedangkan faktor eksternal adalah berupa lingkungan sekitar.
Kata Kunci: Persepsi, Siswa, dan Sejarah
Download berkas