Penulis / NIM
SETNI A. HARUN / 231410041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Setni A. Harun. Nim 231 410 041. 2014. "Hubungan Antara Peran Keluarga Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Suatu Penelitian SMP Negeri 16 Gorontalo)". Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.pd dan pembimbing II. Hj. Yusni Pakaya, S.pd. M.pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara peran keluarga dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 16 Gorontalo dan mengetahui peran keluarga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 16 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Gorontalo yang berjumlah 50 orang.
Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran keluarga dan hasil belajar siswa. yaitu semakin tinggi peran keluarga maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa. berdasarkan pengujian hipotesis ini, maka peran keluarga selalu mengidikasikan adanya efek positif untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Hal ini didukung oleh koefisien determinasi (r2) sebesar 0,18. Hal ini berarti bahwa 18% variasi yang terjadi pada hasil belajar siswa dijelaskan oleh variasi peran keluarga (X) melalui persamaan regresi Y=-17,164 + 0,710X.
Kata Kunci : Peran Keluarga dan Hasil Belajar Siswa
Nama : Setni A. Harun
Nim : 231 410 041
Judul : Hubungan Antara Peran Keluarga Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Suatu Penelitian SMP Negeri 16 Gorontalo)
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd
2. Hj. Yusni Pakaya, S.Pd., M.Pd
Download berkas