Penulis / NIM
RESTI / 231410043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
RUDY HAROLD, S.Th, M.Si / 0030087507
Abstrak
ABSTRAK
Resti. 2014, Muna Pada Masa Kolonial Belanda Abad XVII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I. Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembibing II. Rudy Harold, S. Th. M. Si.
Tujuan dalam penelitian ini yakni : 1) Menguraikan kondisi, reaksi, dan aktif pemerintahan kolonial Belanda di Muna serta 2) Menguraikan bagaimanakah keadaan masyarakat Muna pada masa kolonial Belanda abad XVII dilihat dari segi politik, ekonomi, sosial, dan pendidikannya...?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metodologi sejarah. metode ini digunakan untuk menceritakan Muna pada masa kolonial Belanda abad XVII dilihat dari bentuk keadaan masyarakat Muna pada masa kolonial Belanda di Muna.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa, kondisi masyarakat Muna sebelum adanya kolonial Belanda pola kehidupannya masih bersifat tradisional, reaksi masyarakat Muna ketika adanya kolonial Belanda di Muna semua pola kehidupannya menimbulkan perubahan yang sangat meningkat dari tradisional menjadi moderen, aktif pemerintahan Belanda di Muna cukup lama bertahan di Muna karena penghasilan rempah-rempah masyarakat Muna cukup memuaskan untuk kebutuhan ekonomi Belanda di negerinya. Dan dilihat dari keadaan masyarakat Muna pada masa kolonial Belanda dilihat dari segi politik, ekonomi, sosial dan pendidikan sangat ketergantungan pada aturan Belanda. Bangsa Belanda dilihat dari segi politik menguasai semua penghasilan rempah-rempah, dilihat dari segi ekonomi selain mencari rempah-rempah juga mengubah pola kehidupan masyarakat Muna dari tradisional menjadi moderen, dilihat dari segi sosial mengubah semua pola budaya dari masyarakat yang tertutup dan tradisional menjadi masyarakat yang liberal yang serba bebas dalam segala segi kehidupan, dari segi pendidikan Belanda memperkenalkan pendidikan formal dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan. karena sebelum kehadiran Belanda di daerah kerajaan Muna, masyarakat Muna masih dalam keadaan buta aksara dalam arti belum mengenal pendidikan sama sekali secara formal.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keadaan masyarakat Muna pada masa kolonial Belanda abad XVII dilihat dari segi politik, ekonomi, sosial dan pendidikan adalah keadaan masyarakat Muna dalam kehidupannya sehari-hari serba kekurangan dan sangat tertindas akan kemiskinan yang sangat mendalam. Karena Belanda mengubah semua pola kehidupan masyarakat Muna dari tradisional menjadi moderen.
Kata kunci : Muna Pada Masa Kolonial Belanda Abad XVII
Download berkas