Penulis / NIM
ELVIN F. USMAN / 231410070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. JONI APRIYANTO, M.Hum / 0001046805
Abstrak
ABSTRAK
Elvin. F. Usman. 2010. Hubungan Motivasi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Gorontalo Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H Darwin Une M.Pd Pembimbing II Drs. Joni Apriyanto, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Gorontalo dan sejauh mana hubungan guru sebagai motivator terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian adalah untuk untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Gorontalo dan sejauh mana hubungan guru sebagai motivator terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan seluruh siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo kelas X, XI, XII TKJ yang berjumlah 277 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket sebagai metode utama. Hasil penelitian dianalisis menggunakan tehnik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, sehingga semakin tinggi tingkat motivasi guru maka akan semakin baik pula prestasi belajar siswa. Keduanya memiliki hubungan positif dalam taraf tidak terlalu berpengaruh (rendah) ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi antara motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa (r_xy) sebesar 0,471
Kata Kunci : Motivasi Guru, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas