Penulis / NIM
YUSUF / 231410081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Yusuf. 2014. NIM 231 410 081. Skripsi: " Hubungan Model Pembelajaran Role Playing dengan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah (Suatu Penelitian di SMA Negeri I Lemito)". Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dibawah Bimbingan Ibu Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd (Pembimbing I) dan Sutrisno Mohamad, S.Pd, M.Pd (Pembimbing II).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Model Pembelajaran Role Playing dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang "Hubungan metode pembelajaran Role Playing dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah" di SMA Negeri I Lemito. Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket, yang kemudian hasilnya dihitung menggunakan metode statistika. Populasi pada penelitian ini ialah 343 siswa dan sampel yang digunakan ialah 34 siswa atau 30% dari total populasi. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling.
Dari hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara model pembelajaran Role Playing dengan minat belajar siswa. karena pada saat pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa semakin tinggi tingkat model pembelajaran Role Playing maka akan semakin tinggi pula minat belajar siswa. Adanya hubungan antara model pembelajaran Role Playing dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan dari signifikan korelasi, dimana nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 4,06 > 1,70, sehingga 𝐻0ditolak (𝐻1 𝑑𝑖𝑡𝑒𝑟𝑖𝑚𝑎) , yang berarti koefisien korelasi signifikan.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Role Playing, Minat Belajar Siswa.
Download berkas