Penulis / NIM
ZIKHARNI YUSUF / 231410084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstrak
Zikharni Yusuf. 231 410 084, 2010. Problematika Fasilitas Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Sejarah "Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Suwawa Timur". Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1); Apakah Ada Pengaruh Problemtika Fasilitas Pembelajaran Bagi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah dan (2) Sejauh Mana Pengaruh Problematika Fasilitas Pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Suwawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linier, uji normalitas, uji koefisien regresi, dan analisis kolerasi. Variabel Problematika Fasilitas Pembelajaran (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran sejarah, pada tingkat kepercayaan 95 % dengan nilai thitung sebesar 12,28 lebih besar dari ttabel 2,70. Dengan hasil uji diperoleh persamaan regresi linier dimana
Dari tingkat perhitungan analisis regresi diperoleh informasi bahwa nilai R2 sebesar 0,7569 = 75,69%. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 75,69% variasi yang terjadi pada pembelajaran sejarah dipengaruhi oleh problematika fasilitas pembelajaran.
Kata Kunci : Problematika Fasilitas Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah
Nama : Zikharni Yusuf
Nim : 231 410 084
Judul : "Problematika Fasilitas Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Sejarah" (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Suwawa Timur)
Pembimbing : 1. Drs. H. Darwin Une. M.Pd
2. H. Lukman D. Katili, S.Ag, M.Th.I
Download berkas