SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI MALINDO / 231410101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK SITI MALINDO . 2015. 231410101 " PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Suatu Penelitian di SMP Negeri 10 Gorontalo)" Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbimbingan Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd sebagai pembimbing I dan Hj. Yusni Pakaya, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa pada kelas IPS yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan kelas yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di SMP Negeri 10 Gorontalo. Sampel penelitian ini menggunakan 2 (dua) kelas yang diambil secara random, yaitu IX-1 yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas pembanding atau kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental melalui desain pre-tes dan post-tes. Data penelitian diperoleh melalui tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 40 butir soal. Hipotesis penelitian yang berbunyi "terdapat perbedaan nilai hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan kelas yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)". Penggujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harga t = 2,84 dan dk = 58, sedangkan harga t kritik pada t(0,975)(58) = 1,68. Dengan kata lain: 2,841,68. Ini berarti bahwa harga t0 signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar pada kelas (eksperimen) yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan kelas (kontrol) yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Kata Kunci: model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011