SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNAWI TANAIO / 231410106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK Hasnawi Tanaio, 2014 "Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 8 SATU ATAP Tolangohula" Skripsi Program Studi SI Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo Bimbingan ibu Dra. Hj.Resmiyati Yunus,M.Pd dan Bapak Sutrisno. Mohamad, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula dan kedua, Faktor-Faktor yang mempengaruhi proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula. Berdasarkan tujuan Penelitian maka bentuk Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskkriptif. Tujuannya untuk memberikan suatu gambaran secara rinci, penuh makna dan mendalam tentang masalah yang berhubungan dengan Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula. Penelitian ini memiliki jenis Studi Kasus Tunggal, karena memiliki karakteristik permasalahan yang sama. Lebih lanjut Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu dengan Teknik Observasi, Wawancara dan mencatat Arsip dan Dokumen sedangkan untuk data-data sekunder berupa literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; pertama, Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula sudah sesuai dengan konsep IPS terpadu. Sebelum Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula di laksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran di sediakan agar berjalan dengan baik sesuai apa yang di harapkan. Proses Pembelajaran IPS Terpadu ada beberapa Tahapan yang akan di lalui, mempersiapkan materi yang sesuai dengan indikator pembelajaran yang tercermin dalam RPP, dengan Tahapan model pelaksanaan dengan melakukan kegiatan awal pembelajaran, selanjutnya kegiatan inti pembelajaran hingga kegiatan akhir pembelajaran (penutup). Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran IPS Terpadu di antaranya kurangnya tenaga guru, terbatasnya sarana dan prasarana disekolah, kurangnya sumber atau buku cetak pelajaran IPS Terpadu, dan kurangnya penerapan metode dan model pembelajaran. Kata kunci : Pembelajaran IPS Terpadu
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011