Penulis / NIM
HARIYONO MAMONTO / 231410119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRACT
Hariyono Mamonto .2015. Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS, Suatu Penelitian Kuantitatif di SMP N. 6 Kotamobagu. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Gorontalo.
Penelitian ini mengkaji, Apakah gaya mengajar guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, Apakah terdapat hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMPN 6 Kotamobagu motivasi belajar IPS siswa di SMPN 6 Kotamobagu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan populasi dan penyebaran angket. Penelitian ini dilakukan di Moyag Kota Kotamobagu Timur.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Dari hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, sehingga semakin tinggi tingkat gaya mengajar guru maka akan semakin baik pula motivasi belajar siswa dan hubungan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa adalah hubungan positif dalam taraf cukup berpengaruh ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa (r_xy) sebesar 0,61.
Kata kunci : Hubungan Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa, Ips SMP Negeri 6 Kotamobagu
Download berkas