Penulis / NIM
MELISA HINUR / 231410120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
Abstrak
ABSTRAK
Melisa Hinur, NIM: 231410120. Hubungan Media Pembelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk. Skripsi, Program study Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. H. Darwin Une, M.Pd, dan pembimbing II : Drs. Surya Kobi, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang hubungan media pembelajaran sejarah dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk quasi Experimental Design. Untuk teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknis tes yaitu menggunakan tes tertulis dalam bentuk soal evaluasi, kemudian akan dianalisis dengan menggunakan uji statistik, namun terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data, selanjutnya dalam rangka pengujian hipotesis digunakan regresi dan korelasi sederhana untuk mengukur derajat hubungan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa grafik regresi dengan nilai =24.141382+0.77404 X dan hasil perhitungan korelasi r = 0.9109 serta hasil tabel product moment 0.433 pada n=21 dan taraf kesalahan 5%, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar Siswa
Download berkas