Penulis / NIM
MEYGI SETIAWAN MOKOGINTA / 231410135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
MEYGI S. MOKOGINTA, Nim 231 410 031: "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Model Kreatif Dan Produktif Di Kelas IX E SMP Negeri 7 Kotamobagu". Skripsi, Gorontalo, Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing 1. Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd,.Pembimbing 2. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk dapat mengungkapkan permasalah tentang model pembelajaran dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMP N 7 Kotamobagu. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Model Kreatif Dan Produktif
Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi yaitu siswa kelas IX di SMP N 7 Kotamobagu. Penelitian ini merupakan penelitian PTK. Dalam penelitian ini seoerang peneliti menerapkan model pembelajaran baru yang sesuia dengan kondisi belajar siswa. Dalam penelitian ini juga peneliti mencatat segala perubahan tingkah laku, serta perubahan dalam menerima dan menyampaikan materi oleh siswa.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua siklus untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan siswa dalam menyerap pelajaran di sekolah dengan menggunakan model pembelajaran kreatif dan efektif. Serta masing - masing siklus tersebut, peneliti melakukan refleksi agar mengetahui seberapa banyak siswa yang paham dan tidak terhadap materi yang di gunakan. Akhrinya setelah melakukan tahap akhir peneliti tiba pada suatu kesimpulan bahwa peserta didik akan lebih paham pada mata pelajaran sejarah jika menggunakan model efektif dan kreatif dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Sejarah. Model Kreatif, Model efektif dalam Sejarah
Download berkas