Penulis / NIM
ARSAD PUSINA / 231410140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Arsad Pusina. 231 410 140, 2010. Persepsi Siswa Kelas XII SMA, Terhadap Jurusan Sejarah di Perguruan Tinggi "Suatu Penelitian di Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Hj Trisnowati Tuahunse M.Pd dan Pembimbing II Hj Yusni Pakaya S.Pd M.Pd.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1); bagaimana persepsi siswa kelas XII SMA, terhadap jurusan sejarah di perguruan tinggi dan (2) apakah jurusan di SMA bagi siswa kelas XII dapat mempengaruhi persepsinya terhadap jurusan sejarah di perguruan tinggi. Adapun yang menjadi tujuan Penelitian ini adalah (1); Untuk Mengetahui Persepsi Siswa Kelas XII SMA Terhadap Jurusan Sejarah di Perguruan Tinggi dan (2) Untuk Mengetahui Apakah Jurusan di SMA bagi siswa Kelas XII, dapat Mempengaruhi Persepsinya Terhadap Jurusan Sejarah di Perguruan Tinggi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini yaitu : informan atau narasumber, yaitu pelajar SMA Negeri 1 Asparaga dengan informan 20 siswa jurusan IPA dan IPS, SMA Negeri 1 Boliyohuto dengan informan 20 siswa jurusan IPA dan IPS dan SMA Negeri 1 Tolangohula dengan informan 20 siswa jurusan IPA dan IPS. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik wawancara mendalam (in-depth interviewing). Tehnik pengembangan validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi data (trianggulasi sumber) dan review informan. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif (Interactive Model of Analisys) yang memiliki tiga komponen yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verivikasinya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1); persepsi siswa kelas XII SMA, terhadap jurusan sejarah di perguruan tinggi di tiga sekolah tersebut sebagian besar memberikan respon positif, siswa mengatakan sangat mendukung akan keberadaan jurusan sejarah di perguruan tinggi, yakni dengan presentasi 88,33% atau dengan frekuensi 53 siswa. Menurut para siswa tersebut jurusan sejarah ialah salah satu jurusan yang di dalamnya mampu menceritakan suatu fenomena dan kejadian fakta yang benar-benar terjadi pada masa lalu (lampau) secara mendalam yang belum tentu dikaji pada jurusan-jurusan yang lain. Karena rasa keingintahuan siswa sehingga mendorong mereka untuk terus belajar dan belajar mengenai sejarah itu sendiri. dan (2) siswa di tiga sekolah tersebut sebagian besar mengatakan bahwa jurusanya di SMA tidak berpengaruh terhadap apa yang mereka persepsikan terhadap jurusan sejarah di perguruan tinggi, yakni dengan capaian 85% dengan frekuensi 51 siswa.
Kata Kunci : Persespsi Siswa, Jurusan Sejarah di Perguruan Tinggi
Download berkas