Penulis / NIM
SOFYANITA TUNGGATI / 231410143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstrak
ABSTRAK
Sofyanita Tunggati. 2014. Westernisasi (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Paguat). Skripsi, Program studi pendidikan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd, dan Pembimbing II : H. Lukman D. Katili, S.Ag., M.Th.I.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertama, Dampak positif dan negatif "Westernisasi" dalam dunia pendidikan di SMA Negeri 1 Paguat. Kedua, Pengaruh "Westernisasi" Terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 1 Paguat. Penelitian ini difokuskan untuk rumusan masalah. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan sosiologi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Paguat, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Westernisasi dapat menimbulkan dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif di SMA Negeri 1 paguat. Kedua dampak tersebut saling berhubungan, Ketika salah satu pengaruh dari westernisasi yang di anggap positif bisa saja berbalik menjadi dampak negatif. Banyaknya bentuk penyimpangan yang terjadi yang di akibatkan oleh Westernisasi dikarenan adanya perbedaan persepsi dan tidak memahami apa itu Westernisasi. Hilangnya jiwa Nasionalisme siswa sebagai anak Indonesia seringkali menjadi kekhawatiran bagi para pengajar dan orang tua karena Westernisasi dapat mempengaruhi perilaku siswa baik kearah yang lebih baik maupun kearah yang tidak baik. Dengan memberikan pencerahan, pengawasan, dan memperketat kesiplinan merupakan bentuk pencegahan dari Pihak Sekolah agar tidak terjadi penyalahgunaan terhadap beberapa hal yang di pengaruhi oleh Westernisasi sehingga Mutu Pendidikan di sekolah pun tidak terganggu. Selain itu juga sekolah mempunyai nilai-nilai tersendiri yaitu nilai kebangsaan/nasionalitas, nilai keunggulan/kualitas, nilai ketertiban dan kedisiplinan, nilai keteladanan, nilai saling menghargai dantoleransi, nilai keadilan dan kejujuran, nilai tanggung jawab dan nilai prestise atau kebangsaan.
Kata Kunci : Westernisasi, Pendidikan.
Download berkas