Penulis / NIM
WA ODE HASNI / 231411004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Abstrak
Wa ode hasni. Nim 231 411 004. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperative learning dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran kooperative learning dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dikelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Bonedengan menggunakan metode kooperative learning.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI dengan sampel penelitian terdiri dari 34 siswa. Dengan desain penelitian yang digunakan yaitu post test atau tes tertulis. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa tes. Berdasarkan hasil pengamaatan belajar mengajar dari siklus 1 dan siklus 2 dengan 10 aspek penilian. Siklus 1 menunjukan bahwa jumlah siswa yang tuntas memperoleh nilai diatas 60 soal nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 masing-masing 64%, 82%, 25%, 85%, 96%, 85%, 53%, dan 92%. Jadi, yang belum mengalami ketuntasan hasil belajar siswa terdapat pada soal nomor 1, 3, dan 7. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas memperoleh nilai 75 untuk nomor soal 1, 2, dan 3 dengan masing masing 100%, 89%, 82% dan 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kunci jawaban: hasil belajar siswa, cooperative learning.
Download berkas