Penulis / NIM
KENSIWIN ALI / 231411007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Kensiwin Ali, 2016. Kesulitan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP N I Paguyaman. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah , Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan : Pertama untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Paguyaman dan kedua untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Paguyaman.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu : informan atau narasumber yaitu Kepala Sekolah, Guru IPS dan siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik wawancara. Tehnik pengembangan validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data dan review informan. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang memiliki beberapa komponen yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Kemampuan guru dalam menggunakan media terlihat kurang, terutama kemampuan dalam menggunakan media elektronik dikarenakan kurangnya pengalaman dan terbatasnya media yang tersedia.
Kata Kunci : Media, Mata Pelajaran IPS Terpadu
Download berkas