Penulis / NIM
FIAN HAJARATI / 231411020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstrak
ABSTRAK
Fian Hajarati. 231411020, 2011. Faktor-Faktor Yang Dialami Guru Dalam Pembelajaran IPS Di Smp Negeri 1 TilongKabila. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah , Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M. Pd dan Pembimbing II Lukman D Katili, S.Ag,M Th. I.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor-faktor kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran IPS dan usaha-usaha untuk mengatasi faktor-faktor dalam pembelajaran IPS. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor kesulitan guru dan usaha guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu : informan atau narasumber yaitu Kepala Sekolah, Guru IPS dan siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik wawancara. Tehnik pengembangan validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data dan review informan. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang memiliki beberapa komponen yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verivikasinya.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa : faktor yang dialami guru adalah kurangnya buku atau kutrangnya referensi terkait mata pelajaran dan minimnya fasilitas yang menunjang. Usaha-usaha yang dilakukan dengan melibatkan orang tua dan lingungan sekitar untuk menarik siswa untuk lebih giat belajar. Guru dengan indikator antara lain jumlah guru, sikap siswa terhadap lingkungan kegiatan siswa di luar kegiatan sekolah. Minat Siswa dengan indikator antara lain sikap teman-teman sebaya, persepsi siswa terhadap nilai, prestasi belajar siswa, cita-cita yang dimiliki siswa. dukungan sekolah dengan indikator antara lain kondisi lingkungan sekolah, hubungan antara siswa dengan siswa, kondisi ruang belajar di sekolah, hubungan antara guru dengan siswa, sarana dan prasarana yang ada di sekolah,
Kata Kunci : Guru, Mata Pelajaran IPS
Download berkas