SKRIPSI

Penulis / NIM
KARTINI MALASAI / 231411028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Kartini Malasay. NIM 231 411 028. Pembentukan karakter peserta didik dalam hal beragama, beretika, bermoral dan sopan santun dalam berinteraksi dengan masyarakat, maka pendidikan harus direncanakan dan dilaksanakan dengan membentuk karakter sesuai nilai-nilai karakter budaya bangsa khususnya dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (i) Pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 8 Gorontalo; (ii) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 8 Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang sifatnya deskriptif. Subjek penelitian ada tiga yaitu Kepala Sekolah, Guru IPS dan Peserta Didik SMP Negeri 8 Gorontalo dengan melakukan Teknik Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Interaktif dari Milles dan Heberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan dan keteladanan yang dituangkan kedalam pembelajaran IPS yang merupakan tahap awal pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum KTSP 2006 yang tidak terlepas dari peran guru kelas itu sendiri dan membentuknya kedalam pembelajaran IPS yang berpedoman BSNP melalui Program Semester (PROSEM), Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran); (ii) Faktor pendukung pembentukan karakter antara lain adanya keteladanan dan kesadaran membimbing dari guru; adanya koordinasi yang baik dari seluruh pihak sekolah; adanya kerjasama dari setiap komponen sekolah dalam membentuk karakter peserta didik dengan komitmen yang lebih tinggi. Adapun faktor yang menghambat pembentukan karakter peserta didik yaitu kurangnya kesadaran diri dari peserta didik; keterbatasan kemampuan guru dalam bersikap tegas terhadap peserta didik yang melanggar; adanya pengaruh lingkungan sekitar peserta didik. Kata Kunci : Pembentukan karakter, Pembelajaran IPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011