Penulis / NIM
NOVRIANDA IDJU / 231411036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Novrianda Idju. 2015. Skripsi. Hubungan Penerapan Model Concept Mapping dengan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini apakah terdapat hubungan antara penerapan model concept mapping dengan motivasi belajar pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penerapan model concept mapping terhadap motivasi belajar pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan alat kuisioner sebagai pengumpul data yang pokok. Teknik pengumpulan data melalui (1) observasi ; (2) wawancara ; (3) angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis diperoleh gambaran bahwa t hitung > t tabel. Di mana t tabel pada taraf signifikasi 0,05 dengan dk (n-2) = (30-2) = 28 sebesar 1.70, dengan kriteria pengujian Ho : ditolak jika t hitung > t tabel dan Ho diterima jika t hitung < t tabel. Dengan demikian, t hitung = 5.06 > 1.70, sehingga dapat disimpulkan bahwa wujud hubungan yang signifikan antara penerapan model concept mapping dengan motivasi belajar pada pembelajaran sejarah.
Berdasarkan penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa hipotesis HO ditolak dan diterima Ha yang menyatakan terdapat hubungan peneapan model concept mapping dengan motivasi belajar pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu.
Kata kunci: concept mapping, motivasi belajar.
Download berkas