Penulis / NIM
RIKO MAGA / 231411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Riko Maga, 2015 upaya meninkatkan hasil belajar IPS sejarah dengan melalui
penerapan metode pembelajaran problem selving di SMP 5 tolinggula sejarah ( Suatu
penelitian tindakan kelas di SMP 5 tolinggula).'' Skripsi jurusan pendidikan Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Dra. Hj. Resmiyati
Yunus, M.Pd dan HJ. Yusni Pakaya, S. Pd, M. Pd
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VII ( tuju ) SMP
Tolinggula Tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 31
orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Tujuan penelitian
ini adalah (a) Untuk memotivasi siswa pada materi kerajan bercorak agama hindubudha
di Indonesia, dan (b) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
Masuk dan kerajan bercorak agama hindu-budha diIndonesia.
Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa
terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I, II. Demikian juga dengan
hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 90.3% pada materi
kerajan bercorak agama hindu-budha di Indonesia dengan menggunakan metode
pembelajaran problem solving.
Demikian hipotesis upaya meninkatkan hasil belajar dengan menerapan metode
problem solving yang dipadukan dengan cerama berpariasi
Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran problem solving
Download berkas