Penulis / NIM
ISHAK GUMOHUNG / 231411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
Abstrak
ABSTRAK
Ishak Gumohung. 2015. Skripsi. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd dan pembimbing II Drs. Surya Kobi, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII A SMP Negeri 3 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kota Gorontalo pada mata pelajaran IPS terpadu melalui model pembelajaran kooperatif learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif learning. Prosedur penelitian melalui (1) persiapan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) tahap pemantauan dan tahap evaluasi, (5) tahap analisis dan refleksi, dan (6) teknik analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I daya serap siswa mencapai 60 %. Kegiatan guru pada siklus I menunjukkan 6.67 % kualifikasi sangat baik, kualifikasi baik sebesar 26.67 %. Hasil siklus II daya serap siswa secara keseluruhan sebesar 100 %. Hasil kegiatan guru siklus II kualifikasi baik 66.67 %.
Berdasarkan penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo.
Kata kunci: kooperatif learning, hasil belajar.
Download berkas