Penulis / NIM
ZULKASIH A. HI. RASYID / 231411063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
ZULKASIH A.Hi.RASYID, NIM 231 411 063. ..."Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Suwawa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Suwawa tahun ajaran 2018-2019 semester ganjil. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 20 orang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan tipe Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan tiga orang pengamat, dua orang mengamati keaktifan siswa dan satu orang lagi mengamati aktifitas guru. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil tindakan pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini adalah 65 % dari semua siswa yang dikenai tindakan. Ketuntasan belajar pada siklus I hanya mencapai 60%, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Hasil yang diperoleh dari evaluasi pada siklus II menunjukan peningkatan yang signifikan, yaitu dari 20 siswa yang dikenai tindakan terdapat 18 siswa tuntas belajar atau 90% dan keaktifan siswa mencapai skor minimal baik untuk semua kategori. Sehingga penelitian ini diakhiri pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam proses belajar mengajar khususnya pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Kata kunci : Tipe Think Pair Share, Aktivitas Belajar
Download berkas