SKRIPSI

Penulis / NIM
FADLY MAHABU / 231411070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Fadly Mahabu. "Studi Komparasi Pembelajaran Sejarah di Kelas IPA DAN IPS di SMA Negeri 1 Lemito. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lemito; dan (2) mengetahui bagaimana Studi Komparasi Pembelajaran Sejarah di Kelas IPA dan IPS di SMA Negeri 1 Lemito. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif yang tidak membahas tentang angka-angka, akan tetapi membahas makna suatu peristiwa dengan mendeskripsikan suatu peristiwa dalam penelitian. Secara lebih sepsifik lagi, penelitian kualitatif ini berpola penelitian kasus atau lebih dikenal dengan studi kasus.Studi kasus adalah "penelitian mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran yang lengkap dan terorganisasi baik mengenai unit tersebut. Selanjutnya Dapat di katakan bahwa, penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pola studi kasus. Kasus yang hendak ditelaah adalah studi komparasi pembelajaran sejarah di kelas IPA dan IPS Di SMA Negeri 1 Lemito Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Lemito sudah terlaksana dengan baik. Guru sejarah yang bertanggung jawab dalam mengajar telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Namun dalam setiap pekerjaan mengajar, ada saja kendala yang dihadapi oleh setiap guru, misalnya dari aspek siswa, situasi yang tidak mendukung dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah harus lebih memperhatikan keadaan dan proses pembelajaran. Hal ini di maksudkan agar dalam belajar, semua kebutuhan siswa terpenuhi. Di SMA Negeri 1 Lemito terdapat kelas IPS dan kelas IPA yang keduanya dalam proses penyerapan materi pelajaran sejarah tentunya berbeda. Berdasarkan wawancara yang dilakakukan dengan guru sejarah, ada beberpa poin penting yang dapat membedakan kelas IPA dan IPS yaitu; dalam belajar sejarah, siswa keas IPA lebih disiplin, materi yang diberikan hampir semua dikerjakan dan dipahami oleh siswanya, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kelas IPS terkadang masih ada beberapa yang kurang disiplin, memiliki perilaku yang tidak sesuai serta ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga ketika dilakukan evaluasi maka siswa kelas IPA yang lebih mendapat nilai yang tinggi. Kata kunci: Studi Komparasi Pembelajaran Sejarah di Kelas IPA dan IPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011