Penulis / NIM
FADLY MAHABU / 231411070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Fadly Mahabu. "Studi Komparasi Pembelajaran Sejarah di Kelas IPA DAN IPS di SMA Negeri 1 Lemito. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lemito; dan (2) mengetahui bagaimana Studi Komparasi Pembelajaran Sejarah di Kelas IPA dan IPS di SMA Negeri 1 Lemito.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif yang tidak membahas tentang angka-angka, akan tetapi membahas makna suatu peristiwa dengan mendeskripsikan suatu peristiwa dalam penelitian. Secara lebih sepsifik lagi, penelitian kualitatif ini berpola penelitian kasus atau lebih dikenal dengan studi kasus.Studi kasus adalah "penelitian mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran yang lengkap dan terorganisasi baik mengenai unit tersebut. Selanjutnya Dapat di katakan bahwa, penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pola studi kasus. Kasus yang hendak ditelaah adalah studi komparasi pembelajaran sejarah di kelas IPA dan IPS Di SMA Negeri 1 Lemito
Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Lemito sudah terlaksana dengan baik. Guru sejarah yang bertanggung jawab dalam mengajar telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Namun dalam setiap pekerjaan mengajar, ada saja kendala yang dihadapi oleh setiap guru, misalnya dari aspek siswa, situasi yang tidak mendukung dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah harus lebih memperhatikan keadaan dan proses pembelajaran. Hal ini di maksudkan agar dalam belajar, semua kebutuhan siswa terpenuhi. Di SMA Negeri 1 Lemito terdapat kelas IPS dan kelas IPA yang keduanya dalam proses penyerapan materi pelajaran sejarah tentunya berbeda. Berdasarkan wawancara yang dilakakukan dengan guru sejarah, ada beberpa poin penting yang dapat membedakan kelas IPA dan IPS yaitu; dalam belajar sejarah, siswa keas IPA lebih disiplin, materi yang diberikan hampir semua dikerjakan dan dipahami oleh siswanya, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kelas IPS terkadang masih ada beberapa yang kurang disiplin, memiliki perilaku yang tidak sesuai serta ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga ketika dilakukan evaluasi maka siswa kelas IPA yang lebih mendapat nilai yang tinggi.
Kata kunci: Studi Komparasi Pembelajaran Sejarah di Kelas IPA dan IPS
Download berkas