Penulis / NIM
NITA OKTAVIA TATENGKENG / 231411072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Nita Oktavia Tatengkeng. Nim. 231411072. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Suwawa Melalui Penerapan Pembelajaran Koopertive Jigsaw.Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II, Hj. Yusni Pakaya, M.Pd.
Judul ini di angkat dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan pembelajaran koopertive Jigsaw, pada mata pelajaran IPS kelas IX B SMP Negeri 1 Suwawa.
Adapun jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang di amati. Penelitian ini di arahkan pada individu secara holistik(utuh). Model pembelajaran yang akan di terapkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw. Dalam Jigsaw, guru memberikan kebebasan pada siswa untuk bereksplorasi dan memecahkan masalahnya dengan sendiri, tetapi tidak luput dari pantauan seorang guru. Namun setelah penelitian di lakukan dengan 3 siklus, peneliti mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Dalam per-siklus tersebut pembelajaran siswa perlahan " lahan mulai Nampak perubahannya, puncaknya yaitu saat dilakukan refleksi pada siklus 3. Pada siklus ini perubahan dalam pembelajaran lebih Nampak lagi, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Jigsaw dalam pembelajaran sangat efektif untuk merangsang proses pembelajaran siswa. Namun tidak menutup kemungkinan model pembelajaran lainnya tidak bisa di gunakan. Semua model pembelajaran dapat di gunakan, tinggal cara dan efektivitas seorang guru yang di tuntut.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Jigsaw
Download berkas