Penulis / NIM
HARIS LIBUNELO / 231411078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Haris Libunelo, 2016 Implementasi Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII A Smp N 1 Suwawa "(suatu penelitian tindakan kelas di smp negeri 1 suwawa)'' Skripsi jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Hj. Yusni Pakaya, S. Pd, M. Pd
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII A ( delapan ) SMP Suwawa Tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peristiwa sekitar proklamasi dan pembentukan negara kesatuan republik indonesia.
Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I, II, dan III. Demikian juga dengan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 37.30%, siklus II sebesar 65.95% dan siklus III 89.60% pada materi Peristiwa sekitar proklamasi dan pembentukan negara kesatuan republik indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw.
Demikian hipotesis Implementasi Metode Jigsaw Dalam Meninkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Metode Jigsaw yang dipadukan dengan cerama berpariasi
Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran jigsaw
Download berkas