Penulis / NIM
DESMAWATY LAHILOTE / 231411090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Desmawaty Lahilote. Nim 231 411 090. PAKEM Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2011. Pembimbing I oleh Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II oleh Ibu Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana peran guru mengaplikasikan PAKEM dalam pembelajaran sejarah dan bagaimana pola tingkah siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan PAKEM di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo?. Penelitian ini dengan menggunakan analisis data dengan model kualitatif, dimana reduksi data, sajian data, penarikan simpulan/verifikasi dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1); peran guru mengaplikasikan PAKEM dalam pembelajaran sejarah di SMP Negeri 5 Kota Gorontalo, sudah diterapkan dengan baik, hal ini terbukti siswanya yang senang menerima materi pelajaran, antusias siswa yang begitu tinggi, ketika pembelajaran sedang berlangsung. Terutama ketika saat penyajian pelajaran sejarah dengan menggunakan model sosia drama, guru sejarah tersebut hanya sekedar mengarahkan sedangkan para siswa dengan sendirinya langsung memahami inti dari tujuan pembelajaran saat itu, dan (2) pola tingkah siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan PAKEM melalui media pendukung seperti media gambar dan ilustrasi video dalam hal ini menggunakan model sosio drama, disinilah siswa dengan cepat memahami serta berlomba dalam memberikan pendapat mereka tentang tujuan yang tercantum dalam indikator.
Kata Kunci: PAKEM, Pembelajaran Sejarah
Download berkas