SKRIPSI

Penulis / NIM
SRY YANI PAPUTUNGAN / 231412002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Sriyani Paputungan. 2016. Skripsi. Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah (suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Kotamobagu). Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan pembimbing II Hj.Yusni Pakaya, S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimanakah faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu? (2) bagaimanakah upaya penanganan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu? Tujuan penelitian ini adalah (1) faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu, (2) upaya penanganan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menjelaskan tentang faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal tentang faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan mencatat arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah mencakup: (a) akademik siswa; (b) lambatnya siswa dalam belajar; (c) motivasi belajar siswa; (d) kebiasaan siswa dalam belajar; (e) mental emosional siswa; (f) hasil belajar siswa; dan (g) kendala siswa menyelesaikan tugas-tugas pada pembelajaran sejarah. Penanganan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dilakukan melalui: (a) mengajar dengan menggunakan berbagai pendekatan yang menguntungkan siswa; (b) pemberian tugas dan tanggung jawab dalam pembelajaran bersifat tidak membebani; (c) memberikan penguatan bahwa pembelajaran yang dijalani sekarang sangat bermanfaat pada waktu mendatang, termasuk bermanfaat pada waktu ujian; (d) memberikan pujian, hadiah, kepada siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotamobagu faktor akademik dan non akademik. Kata kunci: kesulitan belajar, sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011