Penulis / NIM
ASEP HULOPI / 231412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Asep Hulopi, Nim. 231412004. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimanakah pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang membahas tentang kajian fenomenologis dan diungkapkan secara deskriptif analisis kritis, dan penelitian ini bersifat naturalistic yang memfokuskan pada pengumpulan infomasi tentang keadaan atau realita yang sedang berlangsung dengan menggambarkan sifat dari keadaan saat penelitian dilakukan, serta memeriksa dari suatu gejala tertentu secara alamiah. Adapun alasan penelitian kualitatif di atas dimaksudkan untuk lebih mementingkan proses pengumpulan data beragam dan disusun sebagai kekhususan untuk dikelompokkan bersama melalui proses pengumpulan data secara teliti serta saling berkaitan (bottom up grounded theory) . Analisis ini dilakukan bersamaan dengan proses pelaksanaan di lapangan yang disusun secara lentur dan terbuka sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dan lebih menekankan pada pendekatan kritik dalam merekonstruksi suatu peristiwa yang ada. Teknik analisis interaktif ini memiliki empat komponen analisis yaitu : Pertama pengumpulan data. Kedua reduksi data. Ketiga sajian data. Keempat, Verifikasi/penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan observasi, hasil wawancara denga guru dan siswa pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo sudah sangat berjalan dengan baik dan sesuai dengan acuan kurikulum 2013 yang berlaku. Kendala yang dihadapi guru di SMA Negeri 2 Gorontalo dalam penerapan pendekatan saintik adalah sebagai berikut : Karakter siswa, Sikap dan Daya serap siswa, Kurangnya disiplin siswa, Siswa terlalu pasif , Tidak tenang di dalam kelas, Kurangya Pujian dari guru, dan Hanya mengikut saja.
Kata Kunci : Pembelajaran, saintifik.
Download berkas