SKRIPSI

Penulis / NIM
RIVALDI HAYUN / 231412008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstrak
ABSTRAK Rivaldi, Hayun. 231412008. 2012. "Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Limboto Barat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalong. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M. Pd dan Pembimbing II Lukman Katili, S.Ag, TH. I. Pendidikan karakter adalah sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Penerapan pendidikan karakter dapat disisipkan dengan menjelaskannya saat pembelajaran sejarah sedang berlangsung dan tidak melenceng dari silabus dan RPP. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Limboto Barat menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum berkarakter sesuai dengan nilai-nilai yang ada walaupun sekolah ini menjadi pilot project pendidikan karakter. Permasalahan yang dikaji adalah (1) bagaimana kesiapan guru sejarah dalam melaksanakan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Limboto Barat, (2) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Limboto Barat, (3) kendala apa saja yang dialami oleh guru saat penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Limboto Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber atau data dan metode. Prosedur kegiatan penelitian dilakukan dengan tahap orientasi, eksplorasi, dan pengecekan kebenaran hasil penelitian. Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan tahap pralapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data yang didalamnya terdapat pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan guru sejarah dalam pelaksanaan pendidikan karakter sudah baik dengan mempersiapkan silabus dan RPP, (2) pelaksanaan pendidikan karakter kurang optimal sebab guru belum menyertakan instrumen penilaian pendidikan karakter, tetapi dilakukan dengan baik karena sesuai dengan silabus dan RPP yang disisipi dengan penjelasan nilai- nilai karakter bangsa, (3) kendala yang dialami oleh guru yaitu: waktu yang begitu singkat, lingkungan masyarakat yang kurang kondusif, media elektronik, model pembelajaran, dan biaya untuk mendukung kegiatan pendidikan karakter, guru menciptakan kelas yang nyaman sehingga penanaman nilai-nilai karakter dapat berjalan dengan baik. Seperti hasil observasi pada kelas X, guru menyuruh siswa untuk membuka jendela yang masih tertutup, di awal pembelajaran Guru memeriksa kebersihan kelas, dan mengecek kerapian siswa. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011