Penulis / NIM
RIZAL DAIPAHA / 231412010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Rizal Daipaha. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tibawa Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian Tindakan Kelas ini Bertujuan untuk melihat keberhasilan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Tibawa, tahun pelajaran 2017/2018 pada materi strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Eropa sampai awal abad ke XX.
Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir siklus untuk mengukur kemampuan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil 1 kelas sebagai kelas ujicoba. Data yang dihasilkan pada penelitian ini adalah; Kemampuan guru pada siklus I mencapai 48, 19 % Sedangkan pada siklus II, mencapai 93.51%, pengamatan pada kemampuan siswa pada siklus I mencapai 3,125%. Sedangkan di siklus II mencapai 81.25% dan hasil tes belajar siswa pada siklus I, pada tahap ini mencapai 50.90% dan pada siklus II 93.75%.
Kata Kunci: Kooperatif Learning, Numbered Heads Together
Download berkas