Penulis / NIM
PIPIN POLUMBATO / 231412013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
Polumbato, Pipin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Masa Klasik dan Hindu Budha Melalui Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) di Kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Drs. Darwin Une., M.Pd, Pembimbing (II) Dra. Hj. Resmiyati Yunus., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan mengetahui keberhasilan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menerapkan model Pembelajaran Pembelajaran Langsung (direct instruction) di kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Hasil pengamatan guru pada siklus I mencapai nilai 59,68, siklus II mencapai nilai 77,42, dan siklus III mencapai nilai 95,16. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 95,16. Hasil lembar pengamatan siswa pada siklus I mencapai nilai 38,00, siklus II mencapai nilai 64,00, dan siklus III mencapai nilai 92,67. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 92,67. Hasil tes belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 43,33, siklus II mencapai nilai 79,67, dan siklus III mencapai nilai 92,67. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 92,67.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Langsung (direct instruction).
Download berkas