SKRIPSI

Penulis / NIM
PIPIN POLUMBATO / 231412013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK Polumbato, Pipin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Masa Klasik dan Hindu Budha Melalui Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) di Kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Drs. Darwin Une., M.Pd, Pembimbing (II) Dra. Hj. Resmiyati Yunus., M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengetahui keberhasilan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menerapkan model Pembelajaran Pembelajaran Langsung (direct instruction) di kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Hasil pengamatan guru pada siklus I mencapai nilai 59,68, siklus II mencapai nilai 77,42, dan siklus III mencapai nilai 95,16. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 95,16. Hasil lembar pengamatan siswa pada siklus I mencapai nilai 38,00, siklus II mencapai nilai 64,00, dan siklus III mencapai nilai 92,67. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 92,67. Hasil tes belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 43,33, siklus II mencapai nilai 79,67, dan siklus III mencapai nilai 92,67. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 92,67. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Langsung (direct instruction).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011