SKRIPSI

Penulis / NIM
RETNO DWI CAHYO / 231412014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK Retno Dwi Cahyo. NIM 231412014. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Beretorika dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Diskusi di Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan pembimbing II. Sutrisno Muhamad, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil yang diperoleh, terhadap penerapan metode pembelajaran diskusi dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam beretorika melalui pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo pada periode 2016/2017 semester genap. Kemampuan beretorika dipandang perlu untuk dilatih, guna untuk menunjang mutu pendidikan baik dalam dunia pendidikan sekolah maupun luar sekolah. Dalam penerapan metode diskusi yang telah dilakukan tidak hanya mengutamakan kemampuan beretorikanya, akan tetapi bagaimana cara untuk meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam belajar khususnya pelajaran sejarah. Berdasarkan pelaksanaan penelitian, dapat disimpulkan bahwa dari hasil belajar pembelajaran menunjukkan terdapat pengaruh yang cukup signifikan dan hasil yang positif terhadap penerapan metode pembelajaran diskusi didalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam beretorika. Selain itu juga, pemhaman peserta didik dalam pelajaran sejarah juga mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan peserta didik lebih tertarik untuk berdiskusi dibandingkan hanya pendengarkan guru berbicara saja. Jika dibandingkan dengan KTSP, mungkin K13 yang saat ini diterapkan di SMA Negeri 1 Gorontalo lebih bisa untuk minat belajar peserta didik, baik itu dipandang dari segi retorika, kemampuan berdiskusi maupun untuk memancing nalar berfikir peserta didik dalam belajar sejarah. Kata Kunci : metode pembelajaran diskusi, kemampuan beretorika, pembelajaran sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011