Penulis / NIM
ABDUL MONSA RADLIANSA DODO / 231412016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Abdul Monsa R Dodo. 2019. Penerapan Tow-tier Multiple Choice Diagnostic Instrumen Pada Mata Pelajaran Sejarah (suatu penelitian di SMK Tridharma Kota Gorontalo), skripsi. S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. dan bimbingan Hj Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian soal, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peserta didik mampu menjawab pertanyaan dengan dua jawaban yakni pilihan ganda dan alasan dengan manfaat bagi peserta didik terbiasa untuk menjawab pertanyaan dengan metode seperti ini dan mampu memberi alasan pada pilihan ganda yang dipilih Bagi lembaga sekolah sebagai masukan agar tidak ada kejenuhan untuk terus mengunakan metode-metode baru guna perkembangan pendidikan.
Hasil penelitian menggunakan metode kualitatif termasuk Teknik analisis data dengan analisis kualitatif menunjukkan metode two-tier Multiple Choice Diagnostic Instrumen adalah metode yang sangat baru dimata peserta didik karena baru kali ini diperhadapkan dengan soal yang berbentuk demikian.
Kata kunci : " penerapan two-tier Multiple Choice Diagnostic Instrumen, metode, peserta didik "
Download berkas