SKRIPSI

Penulis / NIM
APRIANI ASALA / 231412017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Apriani Asala. Nim 231 412 017. Upaya Meminimalkan Rendahnya Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. H. Darwin Une, M. Pd dan Pembimbing II Ibu Hj.Yusni Pakaya, S. Pd. M. Pd. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kualitatif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Akan tetapi, peneliti tetap menggunakan sumber-sumber sekunder dan wawancara sebagai bahan untuk memperkaya penelitian ini. Selain mewawancarai guru tetap yang mengajar, peneliti juga melakukan wawancara dengan siswa yang dipilih secara acak ketika melakukan penelitian. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu peneliti akan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Selama ini ketika guru melaksanakan proses belajar mengajar dikelas hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa-siswi banyak yang mengalami kesulitan dan merasa bosan dalam belajar. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan media pembelajaran berupa media gambar untuk merangsang dan meminimalkan rendahnya minat belajar siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran terjadi interaksi antara guru dan siswa. Minat belajar siswa telah meningkat setelah digunakan media gambar pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Media pembelajaran berupa gambar telah digunakan untuk meminimalkan rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah dikelas XI Ips SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Pada kegiatan tindakan siklus I menunjukan bahwa pelaksanaan tindakan ini belum berhasil karena dari 26 jumlah siswa kelas XI Ips 4 yang mencapai hasil minat belajar dengan kategori tuntas hanya berjumlah 23, 1% atau 6 siswa. Sedangkan siswa yang mencapai kategori tidak tuntas berjumlah 76, 9% atau 20 siswa. Hasil capaian ini belum sesuai indikator kinerja yang ditetapkan. Pada kegiatan tindakan siklus II menunjukan bahwa pelaksanaan tindakan ini telah berhasil karena dari 26 jumlah siswa kelas XI Ips 4 yang mencapai kategori tuntas berjumlah 84, 7% atau 22 siswa. Sedangkan siswa yang memperoleh nilai 75 masih berjumlah 15, 3% atau 4 siswa. Kata Kunci : Minat Belajar, Media Gambar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011