SKRIPSI

Penulis / NIM
ARDI HAMSA / 231412018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Ardi hamsa, Nim. 231412018. 2017.Metode Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Pagimana.Skripsi.Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Darwin Une, M.Pd dan Pembibing II Ibu Yusni Pakaya, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, ingin mengetahui metode pembelajaran apa saja yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Pagimana Kedua, ingin mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam penggunaan metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sumber data, dalam penelitian ini yaitu informan atau narasumber antara lain, kepala sekolah, guru sejarah, dan siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa:Pertama, penggunaan Metode pembelajaran di SMA Negeri 1 Pagimana menggunakan metode pembelajaran ceramah yang monoton, hal ini dibuktikan dengan Penerapan metode pembelajaran ceramah masih menjadi andalan di dalam sebuah proses pembelajaran, sehingga metode pembelajaran ini belum mampu menumbuhkan gairah belajar, kebanyakan siswa hanya keluar masuk pada saat proses pembelajaran berlangsung, Adapun RPP yang digunakan belum sesuai dengan penerapannya dalam pembelajaran.misalnya di dalam RPP tertulis penerapan metode ceramah dan menggunakan media pawer poin, akan tetapi di dalam proses Pembelajaran pawer poin tidak digunakan, hal Ini menandakan bahwa. Penggunaan metode pembelajaran ceramah masih terdapat kendala yang dihadapi antara lain metode pembelajaran ceramah yang belum mampu menumbuhkan gairah belajar siswa, kurangnya pendekatan secara khusus,dan kurangnya siswa dalam berinteraksi selama proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagian besar siswa keluar masuk tanpa memperhatikan guru di depan, siswa hanya diam dan melihat apa yang dilakukan guru di kelas, tanpa adanya interaksi timbal balik antara guru dan siswa,kurangnya pendekatan secara individu pada siswa yang lamban dalam berpikir, selain itu terdapat kekurangan diantaranya mengenai fasilitas yang kurang memadai, media pembelajaran yang masih kurang, serta laboratorium sejarah yang masih perlu diupayakan, agar pembelajaran sejarah dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci : Penerapan Metode Pembelajaran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011