Penulis / NIM
KARMINI GAIB / 231412023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Karmini Gaib. Nim 231 412 023. "Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XA SMA Negeri 1 Kotabunan. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan pembimbing II, Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XA (sepuluh A) SMA Negeri 1 Kotabunan Tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa pada materi Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation.
Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus, berdasarkan observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I, II dan III. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I (62,125%), siklus II (68,75%) dan siklus III (97,42%) pada materi Kehidupan awal masyarakat Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah "Jika model pembelajaran Group Investigation diterapkan dalam pembelajaran kehidupan awal masyarakat Indonesia maka motivasi belajar siswa kelas XA SMA Negeri 1 Kotabunan akan meningkat".
Kata Kunci : Model pembelajaran Group Investigation dan motivasi belajar siswa
Download berkas