SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL KADIR W RAHMAN / 231412026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Abdul Kadir W. Rahman, NIM 231412026. Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah Melalui Penerapan Model Jigsaw Di Kelas IX-1 SMP Negeri 8 Gorontalo. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing 1 Hj. Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd, pembimbing 2 Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian tindakan kelas ini mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kualitas belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas XI-1 SMP Negeri 8 Gorontalo, dan tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang lebih mengutamakan data-data kualitatif sebagai sumber untuk menyusus skripsi. Akan tetapi peneliti tetap menggunakan sumber-sumber sekunder dan wawancara sebagai bahan untuk memperkaya dalam penelitian ini. Selain mewawancarai guru yang utama pengajar, peneliti juga melakukan wawancara dengan siswa yang dipilih secara acak ketika melakukan penelitian. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw. Dalam Jigsaw, guru lebih mengutamakan bentuk pembelajaran Kooperatif (kerja sama) rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok (awal, ahli, dan awal), tetapi tidak luput dari pantauan seorang guru. Namun setelah penelitian dilakukan dengan 2 siklus, peneliti mendapat hasil yang sangat memuasakan. Dalam per-siklus tersebut pembelajaran siswa perlahan-lahan mulai nampak perubahannya, puncaknya yaitu saat dilakukan refleksi pada siklus 2. Pada siklus ini perubahan dalam pembelajaran lebih nampak lagi, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Jigsaw dalam pembelajaran sangat efektif untuk merangsang proses pembelajaran siswa. Namun tidak menutup kemungkinan model pembelajaran lainnya tidak bisa digunakan. Semua model pembelajaran dapat digunakan, tinggal cara dan efektifitas seorang guru yang dituntut. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011