SKRIPSI

Penulis / NIM
SULASTRI / 231412028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK SULASTRI, 2016. Nim. 231 412 028. " Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo". Pembimbing 1 Drs. Hi. Darwin Une, M.Pd, dan Pembimbing 2 Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Tujuan penelitian ini melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas X MIPA 8 di SMA Negeri 3 Gorontalo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari II (dua) siklus. Prosedur dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan setiap siklus yakni, perencanaan (Planning), tindakan (Action), pengamatan (Observation), dan refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data pengamatan kegiatan guru, analisis data aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan melalui pendekatan saintifik di kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Gorontalo menunjukan bahwa ; Siklus I pada pengamatan kegiatan guru yakni mencapai 71% Tuntas, sementara 29% belum tuntas, dan pada aktivitas siswa yakni 49% tuntas, sementara 51% belum tuntas, serta pada hasil belajar siswa yakni mencapai 47% atau 17 siswa tuntas, sementara 53% atau 29 siswa belum tuntas. Siklus II menunjukan bahwa ; pada pengamatan kegiatan guru yakni mencapai 92% tuntas, sementara 8% belum tuntas, dan pada aktivitas siswa yakni mencapai 84% tuntas sementara 16% belum tuntas, serta pada hasil belajar siswa mencapai 89% atau 32 siswa tuntas, sementara 11% atau 4 siswa belum tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Pendekatan Saintifik pada pembelajaran sejarah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011