Penulis / NIM
NINDI PRASETTIA DINGKU / 231412030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. JONI APRIYANTO, M.Hum / 0001046805
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
NindiPrasettiaDingku.231412030,UpayaMeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranSejarahMelalui Model Think Pair ShareKelas X IPS1 SMA Negeri 2 Gorontalo.JurusanPendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1,Drs.Joni Apriyanto.,M.Hum dan Pembimbing 2, Sutrisno Mohamad., S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitianini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui model pembelajaran think pair sharedi kelas X IPS1 SMA Negeri 2 Gorontalo.
Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui model pembelajaran think pair sharedi kelas X IPS1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Data penelitian ini diperoleh dari lembar kerja siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah di paparkan sebelumnya, maka simpulan dari penelitian ini dengan kriteria penilaian sangat baik(SB),baik(B),cukup(C),dan kurang(K). Siklus I : jumlah siswa 32 oranglaki-laki 11 orang dan perempuan 21 orang. Yang mencapai kriteria sangat baik(SB) 8 orang atau 25%, baik(B) 16 orang atau 50%, cukup(C) 5 orang atau 16%, kurang(K) 3 orang atau 9%. Siklus II : jumlah siswa 32 orang laki-laki 11 orang dan perempuan 21 orang. Yang mencapai kriteria sangat baik(SB)24 orang atau 75%, baik(B) 8 orang atau 25%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran think pair sharedapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas X Ips1 SMA 2 Gorontalo.
Kata Kunci:HasilBelajar, model Think Pair Share
Download berkas